Inspirasi Populer Tajam dan Terkini
IndeksRedaksi

Pj Bupati Bekasi Absen Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Janji anggota DPRD PAW, Nyumarno Berikan Interupsi

Pj Bupati Bekasi Absen Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Janji anggota DPRD PAW, Nyumarno Berikan Interupsi

 

Badarnusantranews.com|KabBekasi-DPRD Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan Rapat Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Bekasi dengan agenda Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Pengganti Antar Waktu (PAW), Yaitu H.Carsim,S.Pd dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).Kamis 30 November 2023.

 

Nyumarno, anggota DPRD fraksi PDI-Perjuangan melakukan interupsi kepada pimpinan yang mempertanyakan ketidakhadiran Pj. Bupati Bekasi atau perwakilan dari pihak eksekutif.

Disebabkan sedikit sekali dari pihak Eksekutif yang hadir, oleh satu perwakilan pejabat eselon 2 dan Direktur RSUD Cabangbungin.

 

“Rasa kekecewaan terhadap absennya Pj. Bupati serta sejumlah pejabat eselon 2 dan camat yang seharusnya hadir dalam rapat tersebut, Ia berpendapat bahwa sebagai anggota DPRD yang akan dilantik, mereka (ia) seharusnya diberikan penghargaan dan dihormati, juga menjelaskan bahwa kehadiran para pejabat eksekutif adalah penting untuk menjaga marwah lembaga DPRD Kabupaten Bekasi”.tegas Nyumarno.

Nyumarno Anggota F.PDI Perjuangan : Interupsi Absennya Pj dan Sekda Sidang Paripurna PAW DPRD H.Carsim Sp.d Partai NasDem.(Photo/Bnnews)

“Izin pimpinan, saya ingin mempertanyakan kenapa Pj. Bupati tidak hadir dalam agenda rapat hari ini? Yang kedua, kalau sesibuk-sibuknya Pj. Kepala Daerah, tolong hargai anggota kami, rekan kami, yang hari ini akan diambil sumpah janji. Minimal ada Sekretaris Daerah (Sekda) atau beberapa kepala dinas eselon 2 yang seharusnya bisa hadir dalam agenda hari ini. Saya hanya melihat sebelah kiri saya hanya ada satu eselon 2 sama ibu Dirut RSUD Cabangbungin. Saya lihat sebelah kanan saya minim sekali camat yang hadir, berbeda dengan dua hari yang lalu saat rapat butuh APBD anggota DPRD suruh hadir maksimal,” cetus Nyumarno.

 

 

Tak hanya itu, Nyumarno juga memohon kepada Sekretaris Dewan, untuk mengkomunikasikan kekhawatiran mereka kepada pihak eksekutif agar anggota dewan yang akan dilantik tersebut diberikan penghargaan yang layak.bahkan menekankan bahwa ini bukan hanya masalah Fraksi Partai NasDem, tetapi lebih berkaitan dengan integritas dan martabat DPRD Kabupaten Bekasi sebagai lembaga yang mewakili kepentingan rakyat.

 

” Ini mencerminkan keprihatinan anggota DPRD terhadap rendahnya tingkat partisipasi pejabat eksekutif dalam setiap rapat-rapat DPRD. Hal ini memperlihatkan kurangnya keseriusan pemerintah daerah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pemimpin. Sebab kondisi ini berbeda pada rapat-rapat DPRD terdahulu, Pada saat butuh anggaran APBD saja.

 

“Dengan melihat minimnya kehadiran pejabat eksekutif yang seharusnya hadir untuk memberikan penjelasan atau membahas agenda penting, Atas ketidakhadiran Pj. Bupati atau perwakilan dari pihak eksekutif pada rapat tersebut tentunya dapat menimbulkan keraguan akan komitmen mereka dalam menjalankan tugasnya”.

 

Sebagai anggota DPRD, berharap agar semua pihak dapat saling mendukung dan bekerja sama secara efektif demi kemajuan daerah. pentingnya juga peran Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepala dinas eselon 2 dalam memastikan kelancaran rapat-rapat DPRD. Ia menekankan bahwa kehadiran mereka dalam agenda penting seperti pengambilan sumpah janji jabatan sangatlah diperlukan agar anggota dewan merasa dihargai dan didukung secara penuh.

(Oleh : Redaksi)